by

Angkatan Muda Siliwangi Bentuk Karakter Generasi Muda Jabar

Hallosukabumi.com, Cianjur – Program Ajengan Masuk Sekolah (AMS) bertujuan membentuk karakter generasi muda guna menyambut bonus demografi Indonesia Emas 2045. Demikian dikemukakan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat membuka kegiatan sosialisasi AMS di Hotel Sanggabuana, Kabupaten Cianjur, Rabu (4/11/2020). 

Menurut Wagub, program AMS sebagai salah satu bentuk untuk mempersiapkan generasi yang keimanan dan ketakwaannya hebat untuk 2045, dimana pada tahun tersebut akan ada bonus demografi dengan populasi masyarakat 70 persennya adalah usia produktif.

 
BACA JUGA :  Polres Bogor Berhasil Amankan 23 Tersangka Tindak Pidana Peredaran Narkotika

“Program AMS merupakan implementasi dari Jabar Juara Lahir Batin dan tujuan pendidikan nasional dalam meningkatan keimanan dan ketakwaan peserta didik,” ucapnya.

Wagub mengatakan, program AMS sudah sesuai dengan program prioritas pemerintah pusat, yakni penguatan pendidikan karakter dengan harapan mereka yang menjadi guru adalah ajengan yang mampu menerangkan agama yang tidak tendensius, tidak berafiliasi kepada politik dan juga mampu membaca kitab kuning dan menerangkannya.

BACA JUGA :  Berkeliaran di Tol Jagorawi Pakai Motor, Seorang ODGJ Diamankan Petugas Polres Bogor

“Kitab yang akan diberikan (materinya) kepada siswa sesuai kesepakatan para kiai. Yang jelas kitab yang diberikan kepada siswa tidak mengundang perselisihan,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Berkeliaran di Tol Jagorawi Pakai Motor, Seorang ODGJ Diamankan Petugas Polres Bogor

Wagub berharap, program AMS mendapat dukungan dari orang tua siswa sehingga pembentukan karakter tidak hanya secara tekstual di sekolah, tetapi juga secara kontekstual di rumah. 

“Kami yakin para orang tua mndukung program ini karena tujuannya sangat baik, khususnya bagi peserta didik,” katanya. (jbr)

News Feed