by

Awas Bahaya, Potensi Tanah Longsor Ancam Sekitar Gunung Salak

Hallosukabumi.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima informasi mengenai tanah longsor yang terjadi di Gunung Salak, Provinsi Jawa Barat. Longsoran dipicu salah satunya hujan yang sangat lebat pada Senin lalu (21/9/2020). Saat itu hujan diikuti dengan angin kencang.

BACA JUGA :  Begini Klarifikasi Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin Terkait Soal Sebutan Wartawan Bodrex

Berdasarkan laporan Resort PTNW Gunung Salak 1 pada Kamis (24/9/2020), curah hujan mengakibatkan debit air Sungai Cikedung meluap dan longsoran di bibir sungai.

 

Wilayah pemantauan di Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Identifikasi lapangan hingga jalur Sungai Cikedung dari hulu atau puncak Salak 3 sampai hilir (Palalangon).

BACA JUGA :  Pengembangan Potensi-potensi yang Ada di Desa Semakin Cepat dengan Program SAMISADE

Luapan Sungai Cikedung juga dipicu oleh rusaknya jalur sungai, seperti pendalaman dan pelebaran jalur sungai, serta kerusakan lain di bagian hilir.

BACA JUGA :  Akhirnya Sintha Dec Checawaty Memimpin Kadin Kabupaten Bogor Periode 2021-2026

Beberapa catatan terkait dengan kerusakan yang teridentifikasi yakni tertutupnya akses jalan dari Kampung Palalangon dan Kampung Loji dan longsor di tiga wilayah yang menimpa rumah warga, musola dan jembatan penghubung Palalangan dan Loji.

News Feed