by

Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal dari Jabar Senilai Lebih dari Rp5 Miliar

HALLO TASIK – Pihak Bea Cukai memusnahkan barang-barang ilegal secara serentak di tujuh kantor pengawasan di wilayah Jawa Barat. 

Pemusnahan tersebut dilakukan terhadap barang-barang hasil penindakan Bea Cukai di wilayah Jawa Barat periode 2017 hingga 2020 di Bandung, Cikarang, Bekasi, Bogor, Purwakarta, Cirebon, dan Tasikmalaya.

 

Sebanyak 4.845.450 batang rokok, 1.000.709 gram tembakau iris, 13.246 botol minuman keras, dan 6.580 botol cairan vape ilegal dimusnahkan dalam kesempatan tersebut serta ratusan barang lain yang melanggar aturan USebanyakndang-Undang Kepabeanan.

Kepala Kantor Bea Cukai Jabar Saipullah Nasution menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat terkait ketentuan di bidang cukai dan wujud komitmen Bea Cukai bersama dengan instansi pemerintah serta aparat penegak hukum di lingkungan Jawa Barat untuk menekan peredaran barang kena cukai.

“Pemusnahan ini juga dilakukan dalam rangka menjalankan amanah UU Cukai dalam tata Kelola dana bagi hasil cukai hasil tembakau,” tutur Saipullah.

Sementara, total nilai barang kena cukai ilegal yang dimusnahkan dalam kesempatan tersebut mencapai Rp5.075.690.465 dengan perkiraan nilai cukai yang tidak terpungut oleh negara mencapai Rp3.431.634.396.

“Potensi kerugian imateriil lainnya yang lebih besar yaitu timbulnya dampak negatif bagi masyarakat berupa ancaman kesehatan akibat mengonsumsi barang-barang ilegal,” jelas Saipullah.

News Feed