by

Bupati Minta PKK Tingkatkan Peranan dan Manfaatnya buat Warga

Hallosukabumi.com, Warudoyong – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sukabumi memeringati Hari Kesatuan Gerak PKK ke 48 tahun 2020 yang diikuti secara langsung maupun virtual di Pendopo Sukabumi, Senin (14/9/2020).

Kegiatan yang mengusung tema “Gerakan PKK untuk Indonesia Maju” dihadiri Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

 

Acara diawali dengan pembacaan sejarah singkat PKK oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj. Nursriawati Adjo Sardjono.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami menyampaikan selamat Hari kesatuan Gerak PKK ke 48 tahun. menurutnya Peringatan ini menjadi momentum untuk refleksi diri. Sekaligus menguatkan sikap untuk meningkatkan peran dan manfaat TP PKK bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Kita patut bersyukur masih bisa bersilaturahmi, meskipun kegiatan kali ini sederhana. Pandemi covid 19 menyebabkan pelaksanaan aktivitas ini tidak bisa dihadiri seluruhnya. walau demikian saya yakin tak mengurangi makna peringatan hari kesatuan gerak PKK tahun ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  Silent Center, Program Unggulan 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Dilaunching

TP PKK, tambah H. Marwan, harus mengembangkan daya inovasi dan kreatifitas untuk kelangsungan program PKK yang selaras dengan arah kebijakan pemerintah.

“Peringatan ke 48 ini, harus menjadi pemompa semangat dalam melakukan kebaikan di masa yang akan datang. Tentu saja inovasi dan kreatifitas menjadi kunci dalam upaya pemberdayaan keluarga di Kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

Banyak hal positif yang bisa di inisiasi oleh TP PKK selain mengedukasi masyarakat dan penguatan di tingkat keluarga. Termasuk membantu memutuskan mata rantai penularan covid 19.

BACA JUGA :  DPP PSN Gelar Ratas Terkait Persiapan Agenda Syukuran Peringatan HUT ke-1

“TP PKK bisa membantu menyosialisasikan pembiasaan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan mengonsumsi makanan bergizi. Sebab, perempuan berperan penting dalam membentengi keluarga,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengajak semua pihak untuk menggelorakan semangat dan motivasi untuk Indonesia maju dengan bhakti dan karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih.

“Ke depankan inovasi dan kreatifitas yang selaras dengan garis kebijakan program pemerintah,” terangnya

PKK harus mendedikasikan semuanya untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat. Termasuk mendukung visi pemerintah yakni, Indonesia maju.

“Momentum hari ini, menjadi titik tolak untuk mendorong semangat pembaharuan. Semangat kemajuan harus senantiasa dimiliki,” bebernya

BACA JUGA :  Panglima TNI dan Kapolri Rangkul Tokoh Agama untuk Tekan Covid-19 di Bangkalan

Kegiatan ini diharapkan, bukan sekadar rutin tahunan dan seremonial saja. Namun harus dirasakan langsung keluarga di Kab. Sukabumi. Apalagi, PKK berperan aktif di lingkungan keluarga.

“Pemerintah memacu program pembangunan. Termasuk pemberdayaan masyarakat dan keluarga. Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan Indonesia maju. Diharapkan semuanya berpartisipasi dalam pengelolaaan pembangunan sesuai peran dan kapasitasnya masing masing,” paparnya

Dalam kesempatan tersebut H. Marwan Hamami bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan menyerahkan Tropy, hadiah, dan bingkisan kepada TP PKK Kecamatan dan desa berprestasi. Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan pembagian doorprize.

Demikian laporan Haraqisiliwangi.com — mitra media Hallosukabumi.com (Hallo Media Network/HMN). (*)

News Feed