by

Bupati Sebut Kalibrasi Arah Kiblat Prioritas Utama untuk Umat

Hallosukabumi.com, Cibadak – Pada dasarnya kiblat adalah arah yang menyatukan segenap umat islam dalam pelaksanaan ibadah sholat karenanya ketepatan arah kiblat menjadi urgen dan sangat penting. Salah satu cara menentukan validitas arah kiblat adalah dengan kalibrasi.

Kalibrasi arah kiblat menjadi perhatian khusus Pemkab Sukabumi, upaya penentuan arah kiblat yang tepat terus dilakukan secara berkelanjutan. “Kalibrasi mesjid sesuai ilmu Falak bisa menjawab persoalan arah kiblat, karena dalam sholat menghadap arah kiblat hukumnya wajib, inilah yang mendasari kita mendorong Kemenag untuk bisa memberikan pencerahan dan keyakinan dalam pelaksanaan sholat” Ungkap Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

 
BACA JUGA :  IWO Sukabumi Adakan Baksos untuk Korban Tanah Ciherang di Desa Cijangkar Nyalindung

Hal tersebut disampaikan H. Marwan Hamami saat menyerahkan Sertifikat Kalibrasi Arah Kiblat Masjid dan Mushola se-Kecamatan Cibadak di Gedung Aula Pondok pesantren Almansyuriah karangtengah Cibadak, Selasa (18/8/2020).

Bahkan, tambah Bupati, yang dikalibrasi bukan hanya arah kiblat, termasuk jam digital yang menunjukan waktu sholat. “Selain arah kiblat, jam digital penunjuk waktu sholat juga harus dikalibrasi per-enam bukan sekali” tambahnya.

BACA JUGA :  Kendalikan Covid, YONARMED 13/2/1 Berperan Aktif Tegakkan Disiplin PPKM

Disampaikan pula bahwa dalam proses kalibrasi Pemkab Sukabumi menggandeng Kementrian Agama. “Ini bukan main-main, harus akurat, karena itu kita mendorong kelompok kerja penyuluh (Pokjaluh) di Kementrian Agama supaya hasilnya memuaskan dan bisa dipertanggunghawabkan bersama” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kodim 0607 Kota Sukabumi Gelar Rapat Koordinasi TMMD Tahun 2021

Diakhir amanatnya H. Marwan terus mengajak semua dalam ikhtiar pencegahan Covid-19, menerpakan protokol kesehatan dan meningkatkan empati pada sesama.

“Selain pencegahan Covid-19, saya mengajak semuanya untuk mewujudkan penyelnggaraan Pilkada yang nyaman, demokratis serta mengutamakan keamanan dan kesehatan masyarakat” pungkasnya.

Selanjutnya dilakukan proses penyerahan sertifikat kalibrasi arah kiblat oleh Bupati Sukabumi kepada ketua MUI Kecamatan Cibadak H. Hendar Irawan. (skb)

News Feed