by

Ngapain Sekolah Tinggi-tinggi Kalau Hanya Jadi Pedagang?

Hallosukabumi.com – Sore tadi, saya bertemu Rehan. Kawan kulakan barang dagangan. Dia curhat tentang pekerjaannya yang dagang ini.

Dia bilang, “leh, saya tadi di omong orang, katanya ngapain sekolah tinggi-tinggi kalau hanya jadi pedagang. Anak lulusan SD juga bisa dagang sih!!”

 

“Terus kamu jawab apa?” tanya saya.

“Ya saya diam saja,” jawabnya.

“Kenapa nggak sekalian lulusan PAUD saja ya lebih seru tuh hahaha” saya coba bercandain dia biar nggak sedih.

“Hahaha iya ya leh, tapi cukup bikin sakit hati juga sih leh omongan orang itu,” sahutnya.

BACA JUGA :  Cara Mengukur Kecepatan Internet pada IndiHome

“Nggak usah di bawa ke hati, nggak ada artinya. Fokus aja dagang, dengan apa yang kamu kerjain. Santai sajalah hehehe” ujarku padanya.

Rohman yang ada di sebelah saya ikut berkomentar, “kamu baru segitu han, saya sampai hari ini ada aja orang yang ngatain dagangan sedikitlah, barang-barang nggak komplitlah, padahal yang suka bilang gitu itu nggak pernah beli,”

“hahaha parah,” tawa Rehan

“Begitulah han, semangat aja han, memang banyak cobaan hahaha,” Rohman menyemangati Rehan.

Rehan kemudian bercerita, “katanya saya nggak pantes jualan, harusnya kerja di kantor pakai sepatu, rapi. Eman-eman sudah ngeluarin duit banyak buat sekolah tinggi, eh malah dagang. Itu yang bikin nambah sakit hati,”

BACA JUGA :  Cara Mengukur Kecepatan Internet pada IndiHome

Pak Arif ikut nimbrung dan berkomentar, “han, semua profesi itu baik, dagang ya baik, yang bekerja di kantor ya baik, guru, dokter, dosen, sales bank ya baik, semuanya baik kok han. Nggak masalah. Asal dikerjakan dengan benar dan jujur. Kamu tidak perlu berkecil hati, apalagi sampai sakit hati. Dan tidak boleh omongan buruk orang itu jadi motivasi, takutnya kamu dendam. Sakit hatian itu sikap kurang elok, nggak boleh, lebih baik abaikan saja. Fokus ke dagangan kamu aja! bener tuh kata Sholeh fokus saja dagang, yang penting kamu bahagia sama kerjaanmu itu,”

BACA JUGA :  Cara Mengukur Kecepatan Internet pada IndiHome

“Semua profesi jika dilakukan dengan benar, jujur dan bahagia, insyaallah bisa sukses kok,” tambah pak Arief.

“Rehan belajar tuh sama Rohman, sama temen-temen lainnya,” imbuh pak Arief

“Gimana han, siap tempur tah? Hahaha,” tanya saya pada Rehan.

“Iya leh siap.” jawab Rehan semangat.

Oleh : Ahmad Sholeh, Pedagang Sembako.

News Feed