by

Delivery Tilang, Inovasi Baru PN Kota Sukabumi dalam Pelayanan tilang

Hallosukabumi.com, Cikole – Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi memiliki inovasi baru dalam pelayanan tilang yaitu delivery tilang. Seperti disampaikan oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Bobon Robiana, SH, program ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam tata cara pengembalian barang bukti perkara tilang, dalam program Jaksa Menyapa yang disiarkan Radio Swara Perintis 93.1 FM, pada hari Kamis (27/8/2020).

Dengan program ini, pelanggar cukup mengirim pesan ke nomor 0811-1344-506 kepada admin Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi  baik melalui aplikasi Whatsapp atau SMS. Pesan dikirimkan dengan format  #tilangsim #namapelanggar #nomorregistrasi.

 

Kemudian sertakan bukti pembayaran denda tilang melalui Bank BRI dan sertakan pula alamat rumah.  Proses selanjutnya admin kejaksaan negeri Kota Sukabumi akan melakukan konfirmasi dan barang bukti tilang akan dikirim ke alamat pelanggar oleh petugas delivery tilang.

Selain melalui program delivery tilang, para pelanggar tilang pun dapat mengambil barang bukti tilang dengan mendatangi langsung Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi.

Melalui prosedur ini ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki pelanggar diantaranya syarat jadwal persidang perkara tilang, perkara tilang telah diputuskan di pengadilan dan memiliki kekuatan hukum tetap serta pelanggar harus membawa bukti pelanggaran tilang.

Jika pelanggar hendak mengambil barang bukti tilang yang dititipkan melalui orang lain atau keluarga, maka harus menggunakan surat kuasa atau KTP. Adapun pelayanan tersebut dilaksanakan setiap hari pada jam kerja, yakni hari Senin sampai Jumat, pukul 08.00-15.00 WIB. (skm)

News Feed