by

Di Masa Pandemi, Ekonomi Digital Jawa Barat Tetap Tumbuh 40 Persen

HALLO SUKABUMI – Pertumbuhan ekonomi digital Jawa Barat tumbuh positif di atas 40 persen. Perkembangannya cukup pesat bahkan di tengah pandemi COVID-19.

“Menurut catatan Bank Indoensia, pertumbuhan ekonomi digital di Jabar termasuk penggunaannya meningkat positif di atas 40 persen. Jadi ekonomi paling tinggi selama COVID-19 adalah ekonomi digital, berikutnya pangan dan lain-lain,” ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Kang Emil), di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa 8 Desemebr 2020.

 
BACA JUGA :  Polres Bogor Berhasil Amankan 23 Tersangka Tindak Pidana Peredaran Narkotika

Kang Emil mengatakan, digitalisasi bukanlah suatu pilihan melainkan keharusan dan menjadi kebutuhan terlebih disaat pandemi COVID-19. 

Dulu, migrasi ke digital harus ada motivasi terlebih dulu. Tapi saat ini oleh COVID-19 digital menjadi sebuah paksaan.

BACA JUGA :  Seorang Pedagang Laki-laki di Kampung Cikempong Ditemukan Tewas Gantung Diri

“Mereka yang tidak mau dipaksa migrasi ke digital pasti akan jadi kelompok yang kalah. Inilah yang akhirnya selama satu tahun terjadi lompatan pertumbuhan ekonomi digital di Jabar,” tuturnya.

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Jabar juga tak lepas dari upaya Pemda Provinsi Jabar mendukung pengembangan ekonomi digital. Menurutnya, transformasi digital terbagi dua yakni penggunaan di ruang privat dan publik.

BACA JUGA :  Berkeliaran di Tol Jagorawi Pakai Motor, Seorang ODGJ Diamankan Petugas Polres Bogor

“Untuk publik kita melihat digital ini datang sebagai solusi yang praktikal, contohnya e-commerce,” sebutnya.

News Feed