by

Digitalisasi Layanan, BPJS Kesehatan Kembangkan Sistem E-prescribing

Hallosukabumi.com, Cikole – BPJS Kesehatan mengembangkan suatu sistem untuk mendukung perkembangan digitalisasi pelayanan kesehatan yaitu e-prescribing BPJS Kesehatan, yang merupakan integrasi antara Aplikasi Apotek Online BPJS Kesehatan dengan Sistem Informasi Manajemen Instalasi Farmasi Rumah Sakit atau Apotek mitra berbasis web service.

Hal ini dibahas dalam kegiatan Video Conference Konsinyering Perluasan Implementasi E-Prescribing bagi Apotek atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Pusat BPJS Kesehatan ini dihadiri oleh perwakilan manajemen, petugas dan tim IT Help Desk (ITHD) Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) dan Apotek mitra BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia termasuk BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi.

 

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Dwi Ayu Larasati, mengatakan, sesuai Undang – Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) pasal 4, bahwa prinsip penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) diantaranya adalah kehati-hatian dan akuntabilitas. Prinsip pengelolaan dana program dilaksanakan secara cermat, aman dan tertib, serta dengan prinsip pelaksanaan program dan pengelolaan keuangan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itu dengan adanya sistem apotek terintegrasi ini bermanfaat bagi Apotek dan IFRS diantaranya simplikasi proses pengentrian klaim obat luar paket, meningkatkan akurasi pengentrian data klaim apotek, efisiensi sumber daya manusia (SDM) dan waktu, serta percepatan penagihan klaim obat luar paket. (skb)

News Feed