by

Gubernur Jawa Barat Bertemu dengan Para Cucu Inggit Garnasih

Hallosukabumi.com, Jakarta – Lima orang cucu Ibu Inggit Garnasih, istri Presiden pertama RI Ir. Soekarno, bertemu Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Senin siang (28/9/2020). Pertemuan para cucu Inggit Garnasih dengan Gubernur didampingi sejarawan Unpad Prof. DR. Nina Lubis. 

BACA JUGA :  Sebut Wartawan Bodrex, Puluhan Wartawan Gelar Aksi Massa Tuntut Bupati Bogor Minta Maaf

“Ya, kami datang menemui Pak Gubernur terkait berita rencana penjualan surat nikah dan surat cerai Inggit-Soekarno itu. Kami meminta agar Pak Gubernur ikut memfasilitasi masalah ini agar kedua dokumen itu diamankan oleh negara,” ujar Nina Lubis.

 
BACA JUGA :  Akhirnya Sintha Dec Checawaty Memimpin Kadin Kabupaten Bogor Periode 2021-2026

Menurut Nina, dokumen itu termasuk dalam kategori arsip yang harus dipelihara dan dilindungi negara karena merupakan bagian dari arsip sejarah.

“Itu ada undang-undangnya tentang kearsipan. Termasuk juga benda-benda peninggalan Inggit dan Soekarno seperti meubeler dan lain-lain, itu diatur undang-undang BCB atau Benda Cagar Budaya,” katanya.

BACA JUGA :  Akhirnya Sintha Dec Checawaty Memimpin Kadin Kabupaten Bogor Periode 2021-2026

Hal senada diungkapkan salah satu cucu Inggit Garnasih yaitu Kemal Asmarahadi. Menurut Kemal, pihak keluarga meminta Gubernur menyampaikan aspirasinya ke pemerintah pusat untuk memelihara dokumen sejarah itu.

News Feed