by

Home Industry Citarik Sport, Brand Sandal Lokal dengan Kwalitas Internasional

HALLO SUKABUMI– Keberadaan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) patut diapresiasi, pasalnya sejauh ini mereka cukup membantu mendorong dalam upaya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Namun tidak bisa dipungkiri dalam menghadapi masa pandemi seperti sekarang ini banyak pelaku UMKM yang terkena dampaknya, seperti halnya yang dialami salah satu Home Industri Citarik Sport yang bergerak di bidang Produksi Sandal.

 

Menurut Acun Sampurna Owner Citarik Sport, dampak dari pandemi Covid 19 dalam setahun terakhir cukup berpengaruh besar terhadap kegiatan usahanya.

“Sebelum pandemi kita bisa produksi mencapai 1.500 hingga 2.000 Pasang Sandal perbulan dengan dibantu oleh 7 karyawan, tapi untuk saat ini produksi kita menurun cukup signifikan sekitar 50% dan hanya dibantu oleh 2 atau 3 karyawan,” kata Acun, Sabtu, 13 Februari 2021

Usaha yang dirintis sejak tahun 2005 itu menurutnya sudah mengantongi Hak Paten Memiliki (HKI). Disamping itu, brand asli dari Kabupaten Sukabumi ini juga sudah dikenal hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Singapura, bahkan ada juga yang membawa produk ini ke Amerika Serikat untuk dipasarkan di sana.

Sementara untuk pemasarannya sendiri selain melalui outlet pribadi yang berada tidak jauh dari kediamannya di Desa Cijambe Kecamatan Cikidang, dia juga aktif di media sosial seperti Facebook dan Instagram yang dia manfaatkan sebagai sarana pemasaran Produknya.

“Alhamdulillah walaupun kegiatan usaha kita sedang menurun tetapi kita masih bisa bertahan dalam situasi sulit seperti sekarang ini,” ujarnya.