by

Ini, Urban Farming BJ Centre yang Menarik Minat Dedi Ruslan

Hallosukabumi.com, Bandung – Pengusaha nasional asal Sukabumi Dedi Ruslan mengunjungi peternakan ayam urban farming BJ Center, di Jl. Riung Mukti Raya No.l no. 19, Cisaranten Kidul, Kec. Gedebage, Kota Bandung.

BJ Center adalah nama pemiliknya, yaitu Bambang Jasnanto. Dia mempelori konsep bertani di lahan sempit yang kini mulai banyak dilirik orang, seiring semakin sulitnya mendapatkan bahan pangan yang murah dan berkualitas.

 

Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarganya, Bambang juga sudah mampu menghasilkan nilai ekonomis dari hasil penjualan produk-produk urban farming plus-nya.

Dengan hanya memanfaatkan pekarangan rumahnya yang tidak begitu luas, Bambang mampu menghasilkan daging ayam, ikan, telur ayam, telur puyuh, hingga sayur mayur berkualitas.

Meski berada di kompleks perumahan yang cukup padat, areal urban farming plus-nya tidak menyebarkan bau, sehingga tetangga pun tak terganggu.

“Ini membuka peluang usaha rumahan yang sangat baik. Bukan hanya memenuhi pangan keluarga, tapi juga menjadi ceruk bisnis yang menjanjikan di masa depan,” kata Dedi Ruslan.

Yang menarik, kata Dedi, dengan hanya memanfaatkan pekarangan rumah yang tidak begitu luas, mampu prroduktif, menghasilkan daging ayam, ikan, telur ayam, telur puyuh, hingga sayur mayur berkualitas.

“Kami akan sosialisasikan peluang ini kepada mitra-mitra UMKM agar lebih produktif, sehingga bisa menambah pemasukan mereka,” kata Dedi.

Mengenai teknisnya, akan ditindaklanjuti lebih lanjut dengan pihak BJ Center, dalam bentuk pelatihan ataupun bentuk lainnya, yang saling menguntungkan. (*/bud)

News Feed