by

Ketahui Cara Mengatasi Kucing Keracunan yang Benar

HALLO SUKABUMI – Kucing merupakan salah satu hewan yang sering dijadikan pilihan untuk dipelihara di rumah. Alasannya karena kucing sangat lucu dan menggemaskan. Perawatan hewan berbulu satu ini terbilang cukup mudah dibandingkan hewan lainnya. Tidak heran jika kucing menjadi hewan peliharaan yang sangat populer di Indonesia.

Ternyata kucing memiliki rasa penasaran yang tinggi. Rasa penasaran tinggi yang dimilikinya seringkali membuatnya mudah mengalami keracunan. Biasanya kucing mengalami keracunan akibat obat-obatan, bahan kimia dan juga tanaman yang mengandung bahaya. Saat kucing peliharaan mengalami keracunan Anda tidak perlu panik karena ada cara untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi kucing keracunan dengan benar.

 
Veterinarian examining a kitten in animal hospital

1. Mengidentifikasi Racun yang Masuk

Hal pertama yang dilakukan saat melihat gejala keracunan pada kucing adalah mengenali racun masuk ke dalam tubuhnya. Caranya dengan melihat berbagai barang atau makanan yang disentuh ataupun dimakan oleh kucing Anda. Jika Anda sudah yakin jenis racun apa yang masuk ke tubuhnya, Anda bisa membawanya ke dokter hewan untuk mengeluarkan racun dari tubuhnya.

BACA JUGA :  Perhatikan Masalah Ini, bagi Pasien Diabetes yang akan Terima Vaksinasi Covid-19

2. Baringkan Kucing Miring Kekanan

Ketika kucing sedang keracunan biasanya tidak sadarkan diri. Jika hal itu terjadi pada kucing peliharaan Anda sebaiknya segera baringkan atau miringkan tubuhnya ka arah kanan dengan kepala sedikit ditarik ke belakang. Cara ini berguna untuk membantu kucing membuka saluran pernapasannya dan juga menghalangi lidah menghalangi saluran napasnya.

Selain itu, cara mengatasi kucing keracunan satu ini bisa mempermudah Anda dalam melihat napas atau detak jantung kucing. Jaga kucing peliharaan Anda supaya tetap hangat dan segera membawanya ke dokter hewan.

3. Bilas Tubuh Kucing

Bau racun yang ada di kulit kucing sangatlah berbahaya dan bisa membuatnya keracunan. Jika Anda mencium bau racun di kulit kucing sebaiknya segera basuh seluruh tubuh kucing menggunakan sabun hingga bau racun tersebut hilang.

Cara satu ini harus segera dilakukan karena kucing akan terus menerus menjilati area yang mengandung racun tersebut. Tentu bila tidak segera dicuci akan berakibat fatal. Menurut drh. Lely Anggraini Nababan, mengatakan jika pertolongan pertama keracunan pada hewan adalah mencuci mulut hewan dengan air bersih. Cara ini juga berlaku pada hewan kucing.

BACA JUGA :  Perhatikan Masalah Ini, bagi Pasien Diabetes yang akan Terima Vaksinasi Covid-19

4. Membawa Kucing Ke Tempat yang Mempunyai Udara Baik

Salah satu tanda kucing sedang mengalami keracunan yaitu kucing terlihat sangat lemah. Jika menemukan tanda tersebut pada kucing peliharaan Anda sebaiknya segera memberikan pertolongan pertama.  Caranya dengan memindahkan kucing ke tempat yang mempunyai udara baik dan juga terbuka.

Cara tersebut dilakukan dengan tujuan bisa membantu kucing untuk lebih tenang dalam menghadapi keadaan ini. Saat kucing sedang keracunan di akan panik dan banyak bergerak sehingga membuat racun bisa lebih cepat menjalar ke seluruh tubuhnya.

5. Gunakan Activated Charcoal

Saat keracunan kucing akan muntah. Setelah muntah  Anda harus mencegah atau mengurangi penyerapan racun sebelum racun menyebar ke seluruh tubuhnya. Caranya dengan memberikan activated charcoal. Anda bisa memberikan activated charcoal sebanyak 1 gram bubuk kering setiap 1  pounds berat badannya. Berarti untuk kucing dewasa setidaknya diberi activated charcoal sebanyak 10 gram.

BACA JUGA :  Perhatikan Masalah Ini, bagi Pasien Diabetes yang akan Terima Vaksinasi Covid-19

6. Jangan Berikan Obat Rumahan

Sangat tidak disarankan untuk memberikan obat rumahan kepada kucing yang sedang keracunan. Apapun merek obat rumahan, jangan berani-beraninya untuk memberikannya kepada kucing, Alasannya karena Anda tidak pernah tahu apa yang sedang dirasakan kucing dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Jika kucing Anda sedang keracunan jangan panik segera bawa pergi ke dokter hewan. Jika tidak memiliki banyak waktu bisa menghubungi dokter hewan melalui telepon untuk dilakukan diagnosa. Selain melalui telepon, Anda bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk melakukan konsultasi.   Halodoc telah meluncurkan layanan dan fitur konsultasi untuk hewan peliharaan yang bisa Anda akses dengan mudah dan murah. Anda bisa langsung menggunakan layanan konsultasi ini di aplikasi Halodoc saat kucing Anda mengalami keracunan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan langkah penanganan yang tepat dan saran obat tepat untuk Anda.***

News Feed