by

Kodim 0607/Kota Sukabumi Suburkan Lahan Tandus di Selakaso

Hallosukabumi.com, Cibeureum – Dalam mewujudkan program Siliwangi Cinta Tanah dan Air, Jajaran Kodim 0607/Sukabumi bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Selakaso, Kecamatan Cibereum melakukan penyiraman tanah tandus menggunakan Bios 44 di lahan pesawahan seluas 1,2 hektare.

Penyiraman tersebut dilakukan setelah pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 75 , (Senin,17/8/ 2020).

 

Komandan Kodim 0607/Sukabumi, Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, M.I
Pol mengatakan, Bios 44 pertama kali diciptakan oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Siliwangi, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beberapa tahun lalu.

Adapun penyiram Bios 44 ini sebagai bentuk kontribusi TNI untuk negeri dan cairan ini berisi mikroorganisme yang dapat menyuburkan lahan tandus menjadi tanah subur.

Diketahui, Bios 44 ini merupakan program unggulan pertanian yang diusung Kodam III Siliwangi dalam membantu petani untuk meningkatkan produktifitas pertaniannya

“Tidak hanya itu, kita juga akan gunakan Bios 44 ini pada kolam pembibitan ikan nila,” lanjut dandim.

Untuk saat ini Bios 44 tersebut akan disiramkan/ disemprotkan pada lahan tanah tidur milik warga seluas 1,2 hektare. Diharapkan, dengan penyemprotan ini, lahan yang sudah dilakukan penyiraman bisa lebih subur dan mempercepat hasil panen.

“Ini sudah dilakukan pada penanaman demplot yang ada di Kodim tempo hari. Mudah-mudahan hasilnya memuaskan,” harapnya.

Dandim menyampaikan lahan tidur yang sudah disiram ini akan ditanam jagung, umbi-umbian dan jahe Merah ini untuk menopang ketahanan pangan di Kota Sukabumi.

“Kita diamkan dulu selama 14 hari, setelah itu baru ditanam,” tambahnya.

Sementara itu, hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, Ketua PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Ketua Persit Ketua Persit KCK Cab. XVII Kosim 0607/Kota Sukabumi Rinita Danang Prasetyo Wibowo, Jajaran pejabat Kodim 0607/Sukabumi serta para pengurus KTW Selakaso Kecamatan Cibereum.

Dalam kesempatan yang sama Wali Kota Sukabumi Achamad Fahmi sangat mengapresiasi program yang digulirkan tersebut. Ia berharap, lahan-lahan yang ada di Kota Sukabumi lebih produktif dengan adanya penyemprotan Bios 44 ini.

“Semoga program Siliwangi Cinta Tanah dan Air ini bisa membantu para petani, khususnya KWT Selakaso yang fokus penanaman shorgum, sehingga dapat membantu untuk ketahanan pangan juga,” pungkasnya. (*/bud)

News Feed