by

Koordinator SW Nasional Kunjungi Sekolah Warga Baleriung Mandalawangi

HALLO SUKABUMI – Sekolah Warga (SW) Baleriung Mandalawangi, Sukamaja, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mendapat kunjungan dari Koordinator Sekolah Warga Nasional (KSWN) Jumat, 20 November 2020.

Pada kunjungannya tersebut, KSWN meninjau langsung metoda sistem pembelajaraan di SW Baleriung Mandalawangi, dan mengajak anak berinteraksi serta berdialog langsung dengan anak-anak dan guru pendaping.

 
BACA JUGA :  Berlaku Hingga 5 Juli 2021, Begini Aturan Lengkap PPKM Mikro yang Diperketat untuk 11 Sektor

“Apa sih sekolah warga? Sekolah warga bukan merupakan sesuatu nama yang baru pada bahasa dunia pendidikan di indonesia. Sekolah Warga itu merupakan ekosistem belajar bersama.”

“Ya, belajar bersama-sama, bertanya sama-sama,” kata Koordinator Sekolah Warga Nasional, Mang Deni Weje, usai memberikan materi di Surade.

BACA JUGA :  DPP PSN Gelar Ratas Terkait Persiapan Agenda Syukuran Peringatan HUT ke-1

Lanjut Deni, sekolah warga merupakan sistem belajar secara tidak transaksional. Dirinya mencontohkan, jika tidak ada fasilitator maka pembelajaran tidak dilaksanakan sebagaimana ada murid dan hadirnya seorang guru.

“Ya, inilah cara metode belajar sekolah warga. Mereka, anak anak di ajak dialog, saling mengenal, saling memahami karakter, tidak ada penyekat antara guru dan murid,” terangnya.

BACA JUGA :  DPP PSN Gelar Ratas Terkait Persiapan Agenda Syukuran Peringatan HUT ke-1

Mang Dani berharap, sekolah warga Baleriung Mandalawangi bisa terus melanjutkan ekosistem belajar untuk tetap mengasah karakter anak didik.

News Feed