by

Refleksi 62 Tahun Pendidikan Sekolah Al-Bairuni yang Terlupakan

HALLO SUKABUMI – Yayasan Pendidikan Islam Al-Bairuni beralamat di Jl. Raya Cidadap Desa Cidadap Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi, didirikan atas semangat para dermawan yang menghibahkan lahan demi dan untuk kepentingan pendidikan, dan untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa, investasi akhirat ini diberikan oleh para dermawan yaitu almarhum H. Anwar Syamsudin dan H. Ace Tamami (alm) serta H. Asep Hambali (alm) sebagai donatur yang telah menghibahkan lahan untuk berdirinya bangunan SD/MI berdiri tahun 1959, SMP/ MTS Berdiri Tahun 1976 dan SMA berdiri Tahun 1989.

Semoga almarhum dilapangkan kuburnya (Al-Fatihah), juga Al Fatihah tak lupa kita sampaikan untuk para pejuang di Yayasan Pendidikan Islam Al-Bairuni yang secara kebetulan tercatat sebagai Dewan Pendiri yaitu Almarhum Tegin Hermita dan almarhum M. Aidin semoga Allah balas mereka semua dengan ampunan dan surganya.

 
BACA JUGA :  Sejumlah Kendaraan Menuju Kawasan Tempat Wisata di Sukabumi Diputar Balik Petugas

Tanggal 01 Januari Tahun 1959 adalah tinta emas yang menjadi cikal bakal berdirinya Yayasan Pendidikan Islam Al-Bairuni, lembaga pendidikan yang pertama kali beroperasi dibawah Nama AL-Bairuni adalah Madrasah Ibtidaiyah. Sudah 62 Tahun Al-Bairuni eksis dan hadir ditengah masyarakat, dalam kontribusinya di dunia pendidikan, tercatat telah ribuan bahkan puluhan ribu alumni yang telah lahir dan berkiprah dimasyarakat lewat rahim rahim lembaga pendidikannya.

Saat ini sedang dilakukan kroscek pendataan alumni, lembaga yang secara defacto lahir pada masa Orde Lama dan menjadi anak kandung kemerdekaan, kini mengalami dua penyakit yang paling akut dikehidupan sekarang, penyakit yang pertama adalah dilupakan oleh banyak pihak, dan penyakit yang kedua adalah Pandemi Covid 19.

BACA JUGA :  Komunitas Lari Palabuhanratu 'kokojoRUN' Kembali Adakan Santunan kepada Anak Yatim dan Jompo

Di usianya yang sudah 62 Tahun Al-Bairuni mengalami pasang surut pengelolaan dan managerial pendidikan, hari ini per tahun 2021 tercatat tidak kurang dari 300 Siswa menempuh pendidikan pada lembaga Yayasan Pendidikan Islam Al-Bairuni, 114 Siswa terdaftar di Madrasah Ibti’daiyah, 120 Siswa di Madrasah Tsanawiyah, dan 136 Siswa di SMA Al Bairuni, dan memiliki 41 tenaga guru/ Pengajar.

Namun, belum adanya inovasi dalam melakukan trobosan pendidikan ketika menghadapi arus zaman membuat lembaga ini seakan jalan ditempat, bahkan terkesan tertinggal dari lembaga lembaga pendidikan lain yang lahir belakangan, potret bangunan rubuh pun menjadi gambaran Al-Bairuni hari ini, Al Bairuni belum menjadi kokoh ditengah usia sepuhnya, sementara pada lembaga ini memiliki nilai sejarah dan catatan moral tentang pendidikan.

BACA JUGA :  Sejumlah Kendaraan Menuju Kawasan Tempat Wisata di Sukabumi Diputar Balik Petugas

Saya ingin mengatakan bahwa Al Bairuni adalah aset pendidikan kabupaten Sukabumi, dan ini wajib menjadi perhatian semua pihak khususnya bagi pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk mendorong Pemprov Jabar agar segera turun tangan untuk mengalokasikan dananya untuk perbaikan bangunan yang rubuh.

News Feed