by

Roadshow di 7 Kecamatan Jadi Bahan Tingkatkan Pelayanan Dinsos

Hallosukabumi.com, Sukabumi – Roadshow Dinas Sosial yang dilaksanakan di 7 Kecamatan selama bulan September lalu, dijadikan bahan evaluasi oleh Dinas Sosial untuk peningkatan pelayanan mereka, salah satunya yang berkaitan dengan pelayanan data.

Seperti dijelaskan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Ageng Basuki, bahwa masalah data ini disampaikan oleh para peserta yang menghadiri kegiatan roadshow tersebut, sebagai salah satu kendala dalam penanganan masalah sosial.

 

Dijelaskan lebih lanjut untuk mengatasi masalah data ini, Dinas Sosial akan segera berkoordinasi dengan pihak Kementerian Sosial, termasuk mengadakan pelatihan untuk para  operator data. Selain itu akan dilakukan kembali verifikasi dan validasi data.

Alur Pelayanan Akan Disusun Untuk Mempercepat Penanganan Masalah Sosial

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Rita Handayani, mengungkapkan bahwa dari hasil roadshow Dinas Sosial beberapa waktu lalu di 7 Kecamatan, pihaknya akan melakukan beberapa langkah terutama untuk meningkatkan pelayanan pada bidang rehabilitasi sosial.

Dijelaskannya dalam roadshow tersebut, beberapa kendala dalam penanganan masalah sosial berhasil diketahui. Pertama mengenai peran setiap pihak dalam penanganan masalah sosial. Kedua, masalah kepekaan sosial yang masih perlu dibangun, apalagi masalah sosial merupakan tanggung jawab bersama. Ketiga, peran Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) pun perlu diaktifkan kembali agar penanganan masalah sosial bisa semakin cepat.

Dari berbagai kendala tersebut, solusi yang akan dilakukan oleh Bidang Rehabilitasi Sosial, diantaranya adalah membuat alur pelayanan agar setiap pihak yang terlibat dalam penanganan masalah sosial dapat memahami dan melaksanakan perannya masing – masing. (skb)

News Feed