by

Sekda Minta Peserta PKN Harus Berinovasi dan Kolaborasi

Hallosukabumi.com, Bandung – Sebanyak 40 peserta dari berbagai instansi di Indonesia telah menyelesaikan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XI Tahun 2020.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja berhara, peserta PKN Tingkat II Angkatan XI Tahun 2020 mampu mengembangkan diri dan berinovasi, termasuk Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat juga ingin berkontribusi meningkatkan indeks inovasi Indonesia. 

 

“Berdasarkan Global Inovation Index 2020, Indonesia menduduki peringkat ke-85. Jadi kita ini kompetitif, tapi kurang inovatif. Inilah bagaimana kita di dalam sistem-sistem pembelajaran ini didorong untuk merancang sebuah yang sifatnya inovasi,” katanya.

Menurut Setiawan, selain inovasi, para peserta PKN Tingkat II Angkatan XI Tahun 2020 diharapkan untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintahan, akademisi sampai dengan media serta terus mengasah kemampuan dan kapabilitas. 

“Peserta PKN Tingkat II Angkatan XI Tahun 2020 harus memiliki kemampuan, pertama adalah leadership menjadi sangat penting dan terus tumbuh, kedua komunikasi dan negosiasi serta yang ketiga adalah memahami IT, lalu critical thinking harus ditingkatkan, creativity, project management and design,” imbuhnya. 

“Jadi komunikasi dan negosiasi ini jangan disepelekan,” ucap Setiawan, saat menutup PKN Tingkat II Angkatan XI Tahun 2020 di Masion Pine Hotel, Kab. Bandung Barat, Sabtu (14/11/2020). 

PKN Tingkat II Angkatan XI Tahun 2020 yangbmemiliki tema pariwisata, digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jabar dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI). (jbr)