by

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Serap Aspirasi Kades di Saba Desa

Hallosukabumi.com, Ciamis  – Wakil Gubernur Jawa Barat  Uu Ruzhanul Ulum menerima aspirasi para kepala desa (kades) pada acara Saba Desa Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jabar, di Kantor Kepala Desa Rancah Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Minggu (25/10/2020).

Para kepala desa menyampaikan ide dan gagasan terkait upaya pembangunan ekonomi desa. Kades juga meminta tambahan bantuan untuk desa. 

 

Menanggapi aspirasi para kades tersebut, Kang Uu mengaku bangga dan sangat terbantu oleh kegiatan Saba Desa. Sebab Saba Desa menghubungkan komunikasi pemerintah provinsi dengan pemerintah desa.

BACA JUGA :  Begini Klarifikasi Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin Terkait Soal Sebutan Wartawan Bodrex

“Saya terbantu dengan adanya gerakan Apdesi tingkat provinsi yaitu Saba Desa. Bertemu dengan para kepala desa, menyampaikan program-program dan harapan, termasuk juga keinginan kepala desa tersampaikan kepada Apdesi,” papar Kang Uu.

Lebih lanjut Kang Uu mengungkapkan, Saba Desa juga berperan dalam membangun hubungan emosional antara sesama kepala desa dengan stakeholders terkait dan Pemprov Jabar. Sehingga pemerintah desa memiliki kesamaan visi dan gerak bersama dalam mewujudkan desa juara.

BACA JUGA :  Akhirnya Sintha Dec Checawaty Memimpin Kadin Kabupaten Bogor Periode 2021-2026

“Jadi dengan adanya Apdesi, mudah-mudahan kesulitan komunikasi, kesulitan informasi khususnya antara pemerintah provinsi dengan para kepala desa, karena kesenjangan dianggap terlalu jauh, bisa dijembatani,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Sebut Wartawan Bodrex, Puluhan Wartawan Gelar Aksi Massa Tuntut Bupati Bogor Minta Maaf

Sekjen DPD Apdesi Jabar Anwar Sadat menekankan arti penting membangun soliditas dan sinergi pemerintahan desa hingga ke pemerintah tingkat provinsi, mengingat dominasi desa di Jabar yang dinilai luar biasa.

“Jangan sampai ada lagi gap antara kepala desa dan perangkat. Kita harus bersatu padu, menyamakan visi misi dalam mewujudkan desa yang mandiri dan berkeadilan,” ujar Anwar. (jbr)

News Feed