by

Ya Ampun, Wagub Razia Sendiri Pelanggar Masker di Pangandaran

Hallosukabumi.com, Pangandaran – Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menilang langsung pelanggar penggunaan masker di objek wisata pantai Pangandaran, Sabtu siang (22/8/2020). 

Saat sedang melakukan inspeksi di sekitar Pantai Barat Pangandaran, Uu menemukan seorang ibu yang sedang duduk dan tidak mengenakan masker, saat itu juga dibantu aparat Satpol PP Kabupaten Pangandaran, Uu langsung menegur Ibu-ibu tersebut dan memerintahkan Satpol PP mencatat identitas pelanggar. 

 
BACA JUGA :  Sebut Wartawan Bodrex, Puluhan Wartawan Gelar Aksi Massa Tuntut Bupati Bogor Minta Maaf

Hal itu dilakukan Uu sesaat setelah melaunching aplikasi Aplikasi Pencatat Penilangan atau Sicaplang di Pangandaran.

“Karena ibu kedapatan tidak menggunakan masker, maka terpaksa kami catat identitas ibu. Saat ini kami baru peringati ibu secara lisan dan tertulis, namun  ketika nanti ibu melanggar lagi untuk kedua dan ketiga, maka Ibu otomatis akan didenda berupa uang,” kata Uu, ditanggapi Ibu-Ibu.

BACA JUGA :  Pengembangan Potensi-potensi yang Ada di Desa Semakin Cepat dengan Program SAMISADE

Menurut Uu, tindakan tersebut untuk menunjukan bahwa pemerintah Provinsi Jabar serius dalam penegakan Pergub No. 60 tahun 2020 tentang sanksi palanggaran protokol kesehatan.

“Kita serius, tidak pandang bulu atau apapun. Ini demi menjaga kesehatan kita semua, meski kita sedang berwisata sekalipun,” ujar Uu.

Uu juga menjelaskan bahwa aplikasi Sicaplang itu sudah terintergrasi di seluruh Satpol PP se Jabar, sehingga data pelanggar akan langsung tercatat di aplikasi tersebut.

BACA JUGA :  Begini Klarifikasi Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin Terkait Soal Sebutan Wartawan Bodrex

“Jadi ketika seseorang melanggar pertama di Pangandaran misalnya hanya dikasih peringatan lisan dan tulisan, nanti ketika suatu saat yang bersangkutan melanggar lagi di tempat lain yang kedua atau yang ketiga, akan langsung ketahuan dari aplikasi Sicaplang dan langsung ditindak,” jelasnya.

Aplikasi Sicaplang merupakan inovasi dari Diskominfo Jabar, untuk memudahkan pendeteksian dan pencatatan pelanggaran aturan. (jbr)

News Feed